Kenapa Cinta Terlarang Lebih Nikmat?

Kita semua pernah merasakan jatuh cinta. Ada cinta monyet waktu kita kecil. Ada cinta main-main semasa sekolah. Ada juga cinta serius ketika kita beranjak dewasa. Kita telah mengalami berbagai jenis cinta, tapi bagaimana dengan cinta terlarang?

Bagi yang pernah mengalami, tentu merasa cinta jenis ini lebih spesial. Cinta terlarang biasanya terjadi saat hubungan kita ditentang oleh orangtua, teman atau masyarakat. Ironisnya, semakin ortu melarang hubungan tersebut, semakin keras usaha kita untuk melanjutkan hubungan. Fenomena ini dikenal sebagai efek Romeo dan Juliet.

Romeo dan Juliet

Romeo dan Juliet adalah sepasang kekasih yang berasal dari dua keluarga yang saling bermusuhan. Walaupun mereka berdua saling mencintai, tapi hubungan mereka ditentang habis-habisan oleh keluarga mereka. Walau demikian Romeo dan Juliet tetap menjalin hubungan secara diam-diam. Kisah ini berakhir tragis ketika Romeo menelan racun dan Juliet bunuh diri, di mana akhirnya cinta mereka disatukan oleh maut.

Seandainya keluarga mereka rukun dan hubungan mereka direstui, mungkin rasa cinta yang timbul antara Romeo dan Juliet tidak akan sebesar itu. Hal ini bisa dijelaskan secara psikologis. Sebagai manusia, kita ingin menjadi pribadi yang independen. Bebas menentukan pilihan sesuai keinginan¬† sendiri. Kita tidak ingin dikendalikan oleh orang lain. Maka ketika “kebebasan” tersebut terancam, kita akan berusaha merebut kembali agar kita merasa sebagai individu yang autonom, bebas menentukan pilihan.

Dalam kasus asmara, larangan dari pihak lain merupakan ancaman terhadap “kebebasan” kita. Akibatnya kita berontak. Kita ingin merasa bahwa kita memegang kendali. Semakin ortu menentang, berarti semakin besar ancaman dan akibatnya semakin besar usaha kita untuk merebut kebebasan — dengan cara melanjutkan “hubungan terlarang” dengan si dia. Ketika kita melakukan ini, kita merasa makin sayang dengan pasangan. Ini merupakan suatu siklus:

  1. Ortu menentang.
  2. Akibatnya kita merasa dikekang, merasa kebebasan kita direnggut.
  3. Kita ingin merasa independen. Jadi apa yang harus kita lakukan?
  4. Berikan kasih sayang lebih pada sang kekasih; tunjukkan ke ortu bahwa mereka tidak dapat merebut kebebasan kita.
  5. Dengan tindakan “memberi kasih sayang lebih” tersebut, secara tak sadar perasaan kita pada pacar makin kuat.
  6. Kembali ke tahap (1)

Nah, itulah sebabnya cinta terlarang terasa lebih nikmat. Lebih terasa.
Ada yang mau sharing?

Yohanes Aristianto

Peminat psikologi, internet dan makanan enak. Melankolis. Quirkyalone.

45 Responses to “Kenapa Cinta Terlarang Lebih Nikmat?”

  1. aku mau tanya..
    tapi kalo misalnya cinta terlarang itu akhirnya direstuin, apa rasa cinta nya itu bakal berkurang/luntur? kan dia udah memperoleh “kebebasannya”…
    txz buat infonya.. hehe..

    • RISTA MA'RIFATUL KHOIRIYAH Reply 3 April 2012 at 8:21 pm

      menurut Q gag jga sich..cinta itu akan terus bersemi

    • kalau menurut saya rasa cinta dan sayang seseorang apabila telah mendapat persetujuan dari kedua belah pihak tidak akan berkurang justru semakin sangat dalam lagii cintanya, karena kenapa ? tentu saja karena pengorbanan dan perjuangan cinta mereka yg membuat mereka lebih dewasa dan bijaksana lagii dalam menjalankan cintanya :)
      terima kasih

  2. muhammad lathief sheifuazze Reply 22 August 2011 at 9:00 pm

    pada dasarnya,,seorang itu lebih tertantang untuk membuktikan cintanya kepadaa sang kekasih,maka..tentangan2 itu di jadikan sebagai sarana dia untuk mengekpresikan suasana hati yang sedang menggebu-gebu mencintai sang kekasih…karena itu cintanya semakin menggunung pada saat awal..tetapi apabila jika terlihat sedikit kesalahpahaman akan selalu mempunyai peluang sangat besar menghancurakan hubungan mereka…karena perasaan cinta yang telah mai-matian dia perjuangkan merasa terabaikan dan terhianati…

    • RISTA MA'RIFATUL KHOIRIYAH Reply 3 April 2012 at 8:25 pm

      itu yang sekarang Q alami,,dlu Q biasa mncintainya,,tpi skarang justru Q yg menggebu sayang padax,,Q lakuin agar hubunganku ma dia tetap harmonis,,Q mengalah walaw dy salah,,Q diam meski dia marah …meski Q sllu mnahan rasa sakit ini begitu mendalam,,d saat seperti ne dy cuek n dingin,,,trasa khdupan ne sunyi saat dy seakan mnghilang

  3. RISTA MA'RIFATUL KHOIRIYAH Reply 3 April 2012 at 8:20 pm

    gmana caranya agar cinta terlarang itu bsa d restuin,,d satu sisi kita tidak ingin membangkang dengan orang tua,d sisi lain kita ingin tetap bersama si dia

  4. Name (required) Reply 15 May 2012 at 5:44 am

    Bagaimana dengan cinta trlarang sesama jenis ?

  5. aku gay aku juga sudah memiliki istri,tapi istriku ga tau kalo aku gay,aku juga punya pacar cowok,aku tau cintaku ini terlarang tapi memang bnar cinta terlarang lebih nikmat”dalam arti kata rasa sayang kepada pasangan ituh luar biasa besarnya,

  6. benar sekali komentar kakak admin di atas. I felt it. it’s allright :)

  7. bagaimana cara kita menanggapi orang yang tidak suka dengan kita dan bagaimana cara kita beradaptasi dengan lingkungan baru?

  8. Saya punya teman yang seperti itu juga, melakukan hubungan cinta telarang, dan saya pernah bertanya, kenapa dia bisa mencinta wanita sedengkan dia sendiri wanita (tomboy )?
    dia malah menjawab dari kecil dia merasakan kalau deket cewek bawaannya deg-degkan, tapi jika di dekat cowok malah dia biasaa aja ?!
    padahal dia sering kali di sakiti oleh Gfnya ( girl friends )
    Yang saya mau tanyakan adalah, apakah dia dapat mencintai seorang laki-laki dan menikah dengan seorang laki-laki?

  9. Bagaimana halnya dgn cinta yg dilarang orang tua krn silelaki mmang bkn menunjukkan sikap yg baik dan bijaksana didepan orang tua wanita?mohon untuk pendapatnya…

  10. apakah saya harus bertahan dengan cinta terlarang itu ?
    kita saling mencintai satu sama lain akan tetapi. sedangkan dia akan menikah ?

  11. terkadang cinta itu perlu pengorbanan. akan tetapi pengorbanan itu tak selama nya berujung kebahagiaan ,bisa saja berujung penghianatan

  12. assalamu alaikum,
    saya mau bertanya, kalau misalkan cinta yang sulit sejalan seperti itu tindakan apa yang sebaiknya dilakukan, merelakan atau menentang.????

  13. apakah rasa sayang seseorang akan luntur karena salah satu sudah tidak cocok dan tidak merasa nyaman lagi

  14. cinta terlarang memang sangat istimewa selalu diingat,selalu dikenang dan rasa sayang itu selalu dalam hati (kenyamanan). dan telah tertuang dalam kisah Romeo & Juliet, kekuatan cinta membawa mereka kepada kematian dengan janji sehidup semati.
    Tapi pada zaman sekarang jangan sampai terjadi lagi, sebab kekuatan cinta yang sebenarnya itu bukan pada saat pacaran tapi setelah berumah tangga (Menikah).

  15. Sekedar mau berbagi kisah, Seorang teman, istrinya menjalani cinta terlarang dengan pria lain, dan sudah kepergok beberapa Kali, memang betul pas ketahuan sdh di tegur dari nasehat yang halus sampai sedikit Keras, justru istrinya tambah dekat, dan tidak mau melepaskan selingkuhannya, lalu apa treatment yang disarankan di artikel tapi bisa di terapkan, bukannya Kalo didiamkan Akan tambah parah.memang Saat ini teman saya itu lebih banyak merenung Dan murung, tapi sisi baik ya ibadahnya tambah Kuat, katanya untuk menenangkan diri, tapi saya khawatir lama-lama dia makan hati Dan frustasi bisa- bisa ……..?????

  16. Cinta terlarang bisa terjadi pada seseorang yang sudah menikah. Seorang pria yang sudah beristri selama, 2 tahun berumah tangga
    Allah belum menganugerahkan mereka keturunan. Si pria dan istri menikah karena cinta tanpa desakan dari sapapun sebelumnya sudah pacaran selama 4 tahun dan akhirnya menikah. mungkin karna faktor si pria ingin segera punya anak, dan sebelumnya si pria dan istri tidak ada masalah apapun, adem-adem saja. Entah disengaja atau tidak si pria bertemu sang mantan pacar waktu SMA yang sangat mencintainya karna mereka dulu pernah bersama selama 12 tahun. Sang mantan pacar sudah berumah tangga dan dikaruniai 2 orang anak. Terjalin lah mereka cinta terlarang. Bagaimana menyikapi hal itu?

  17. Cinta sama sayang apa bedanya?

  18. bila cinta terlarang krn tidak direstui orangtus..ternyata cinta itu malah membawa kebaikan dan makna positif utk kita.. bagaimana cara kita meyakinkan orangtua agar bisa merestui cinta itu ?

  19. Kalau cinta terlarangnya karena salah 1 pihak sudah punya pasangan gimana?
    Karena cintakan tidak bisa memilih jatuh ke siapa… Karena logika hati dan logika pikiran tidak bisa di samakan.

  20. Asy-Syifa Mardhiyah Reply 11 April 2013 at 11:18 pm

    Intinya, pilihan hati dirasa lebih berarti dibanding pilihan orang lain, dlm hal ini kita berbicara mengenai hati dan perasaan, bukan materi.. jadi walaupun banyak umat muhammmad yang cintanya tidak diridhoi… tapi kebanyakan akhirnya setelah dijalani. lama- kelamaan ortu pasti merestui.. hidup cinta sejati…..

  21. Muncul nya Kebahagiaan ada pada diri kita. Tentangan atau pun kecaman orang tua adalah fsktor pendorong membesarkan cinta kasih kita kepada pasangan,semakin kita di kekang semakin kuat kadar cinta kita karena timbul rasa saling menguatkan cinta antara satu sama lain.

  22. Sesuatu yg kita dapatkan dgn perjuangan yg sulit akan membawa kenangan dan kepuasan tersendiri. Apalagi dlm meraihnya dgn mempertaruhkan harga diri.

  23. bagaimana jika sdh berumah tangga tetapi merasakan cinta kepada orang lain

  24. Pada dasarnya sebuah hubungan itu dilandasi dengan keikhlasan.ikhlas itu berarti dapat menerima semua resiko yg ada.setiap orang pasti mempunyai masalah yg berbeda,tergantung bagaimana dia menyelesikan masalah.yg terpenting dalam suatu hubungan adalah ridho dari orangtua.kalau orangtua ridho tuhan pun akan meridhoi hubungan yg dijalankan oleh sepasang kekasih itu! Ya menurut pendapat saya sih seperti itu

  25. wahh…bner bangett tuh, aku udah ngerasain, n emg efeknya besar banget.. seratus jempol deh buat artikelnya.. (y)

  26. Hal yang menjadikan seseorang akan terlalu cepatnya mendapatkan cinta adalah karena nafsu.itu yang menjadi cinta lebih indah dan nikmat..
    Pada hakekatnya memang seseorang mempunyai cinta, namun tergantung orangnya yang menjalankan.Nikmatnya cinta akan terasa lebih nyaman kalau sudah tiba waktunya tuk suatu kluarga.

  27. mo tanya,,
    kalo ortu ga nyetujui hubungan kita sama doi, katanya karena latar belakang keluarganya doi banyak yg sakit sakitan, juga karena menurut persepsi ortu doi juga bukan tipe orang yang tanggung jawab dan gentle, kita sebagai cewe baiknya gimana ya?

  28. gak selalu sih,…. cinta terlarang cuma lebih terasa menyenangkan di awalnya saja kok….,
    in the end, ketika cintaa terlarang itu kandas oleh bebatuan karang penderitaan, terpentok oleh faktor keadaan, mau tak mau kemudian jiwa pun akan bertanya
    apakah yang salah? dan ketika itulah jiwa yang asli akan mengalah,…. menjadi lebih terbuka pada realita.
    karena pada dasarnya jiwa menginginkan kebahagiaan, ketenangan, dan kemapanan….

    jadi cinta terlarang itu hanya nikmat bagi pribadi yang belum dewasa…. bgm, ada yang setuju?

  29. saat cinta mulai terasa, kenapa keadaan berusaha memisahkan?? disaat org tua sudah mulai menerima kenapa dia pergi begitu saja tanpa memperdulikan perasaan kita..
    padahal dlm hati masing” kita masih saling mencintai.
    thx infonya :)

  30. apapun yng terjadi…
    pada dasarnya cinta itu hanya cerita tentang meninggalkan dan ditinggalkan , semua orang tidak akan bisa bila hidup tanpa cinta . Ada kecewa dan ada kesenangan semuanya karna cinta bukan cinta yang salah tapi pelaku cintalah yg menganggap cinta itu sebuah kesalahan

    thank’s infonya :)

  31. bgaimana dg hubungan yg d.tentang salah satu pihak keluarga plus t’bentur adat…???semakin dilawan semakin kuat dan besar badai yang menghantam hingga salah satu menjadi goyah,pasrah dan menyerah

  32. jika cinta kita terlarang oleh perbedaan agama. lalu apa yang harus kita perbuat???

  33. mr.admin
    masalah simpel seumpama kita sudah saling sayang, saling percaya, saling melengkapi
    tapi satu masalah yang membuat ortu tidak merestui hubungan
    keyakinan/agama,
    apakah ada solusi?

  34. ada fenomena kex gni di alami shbat q sendiri tp bedanya dia bsa menyikapiny dengan dewasa,, dia mengalah demi kebahagiaan orang tuanya,,,

  35. Selamat pagi,
    memang benar, saya pun merasakannya, disaat ini saya sedang menjalani hubungan yang serius dan akan meikah, namum 1 bulan terakhir ini saya berjumpa dengan wanita impian saya, dimana dia memiliki kriteria yang saya inginkan, dan lebih dari pada itu cinta saya tidak sebelah tangan, dia juga memiliki alasan yang sama, dan kami saling menyukai awalnya, hingga dia berkata sayang terhadap saya, tapi kami mencoba menepis sayang itu karena kami sudah memiliki kekasih, namun hingga saat ini rasa itu masih mengambang di fikiran saya, dan saya menyalahkan waktu yang mempertemukan kami sekarang, dan yang saya ingin tanyakan adalah sikap apa yang harus saya ambil, sementara saya akan menikah namun hati saya terpaut oleh wanita lain,

  36. saya mau nanya…..

    Mana yang lbih besar cinta yg direstui dri pada yang terlarang…???

  37. aku mau tanya, tapi maaf kalu agak menyimpang dari artikel…
    Bagaimana dengan remaja yang mencari kebebasan untuk memilih tapi orang tua tidak memberi itu? Jadi semua di hidupnya , jalan hidupkan bahkan kepribadiannya harus dan wajib mengikuti orang tua dia tidak dikasih sedikitpun kelonggaran untuk memilih apa yang didinginkannya. Bukankah hidup itu adl pilihan? tapi kalu kasusnya spt itu berarti “Hidup itu Adl TUNTUTAN bukan Pilihan?

  38. cinta terlarang itu ternyata masih saya rasakan sampai sekarang. walaupun sudah berlalu 28 tahun dan masing-masing kami sudah menikah, ternyata cinta itu masih ada dan masih kami rasakan. Keadaan, kenyataan yang terjadi saat ini, membuat kami masing-masing terluka, karena kini bukan hanya orangtua, tapi ada rumah tangga kami yang terlibat di dalamnya. Oleh karena itu, saya minta pada semua orangtua, jangan menganggap remeh cinta monyet pada anak-anaknya. Cobalah pahami dan mengerti, jangan langsung menentang cinta yang bersemi di hati anak-anaknya.
    Salam.

  39. Saya mau Tanya, saya mempunyai suatu hubungan dengan pacar saya, setelah hbungan saya pernah di khinati rasa percaya berkurang tidak seperti dulu lg. bagaimana cara menghilangkan pikiran negatif saya? Apa saya Termasuk depresi ?

  40. ya sih cinta terlarang itu lebih membuat kita merasa lebih tertantanag, tetapi pada akhirnya jikalau cintanya itu tak di restui orang tua suasu saat pasti kan terasa sendiri akibatnya…

  41. Y cinta terarang terkadang buat ke percayann itu untuk mencintai seseorang wlau pun terarang” tetep lanjut mencintai seakan saat dia tau… Cinta y tdk di restui otru dia malah mundur dn perjuangnn kita…. Malah tdk di hargai…dn itu..yg sering terjadi

  42. Sakit untuk di ungkap tentang cinta terarang.. Dn bahkn tdk di hargai…

Leave a Reply to Abdul azis